MANAJEMEN PEMASARAN


 MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).

1.1 Bauran pemasaran
Bauran pemasaran adalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam target market. Kotler dan Armstrong (1997:48). Bauran pemasaran meliputi 4P :
1.1.2 Place
Pemilihan lokasi usaha yang strategis menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha. Semakin strategis lokasi usaha yang dipilih, semakin tinggi pula tingkat penjualan dan berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha. Begitu juga sebaliknya. Baso Aci Malang terletak di Jalan Soekarno Hatta No. 500, Lowokwaru, Malang.
  1.1.3 Product
Produk adalah hal yang kita jual dalam bisnis meliputi barang atau jasa yang memiliki nilai guna dan dibutuhkan oleh konsumen.
Produk dari Baso Malang antara lain : baso aci, baso aci pilus, baso aci cewol, cireng dcocol, cireng dcaian, seblak instan, cuanki dcuan, cilok goang.








1.1.4  Price
Harga menjadi aspek yang sangat penting karena umumnya konsumen menjadikan harga sebagai pertimbangan utama sebelum membeli. Dari segi harga Baso Aci Malang tergolong harga yang dapat dijangkau masyarakat menengah keatas. Harga mulai dari Rp 15.000- Rp 20.000

1.1.5 Promotion
Promosi merupakan hal yang sangat penting untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Baso Aci Malang menggunakan promosi media sosial seperti
                              Instagram : Baso aci malang
                             Facebook  : baso aci malang
                             Website     www.basoacialang.blogspot.com
                             Youtube.   : baso aci malang

1.2 Strategi pemasaran Baso Aci Malang
   1.2.1 Memanfaatkan media sosial
Perusahaaan noode inc menggunakan media sosial sebagai sarana promosi, banyak platform yang dimanfaatkan seperti Faceboook, Instagram dan Youtube.
1.2.2 Membuat Website
Selain memanfaatkan media sosial Baso Aci Malang juga membuat Website /Blog khusus dengan artikel-artikel yang relevan dengan bisnis. Website Baso Aci Malang yaitu www.basoacimalang.blogspot.com
Untuk mengetahui lebih lengkapnya bisa Downoad File PPT di bawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar